Identitas visual adalah suatu bentuk visual dan ekspresi grafis yang diciptakan untuk merepresentasikan image suatu perusahaan atau brand. Sementara sistem identitas visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu entitas.
Di dunia yang kompetitif ini ada begitu banyak brand yang berbeda dalam setiap kategori produk dan layanan. Makanya memiliki identitas visual adalah keharusan bagi setiap brand.
Untuk berkomunikasi dengan jelas dan konsisten Anda perlu memahami elemen-elemen sistem identitas visual dan bagaimana penerapannya terlebih dahulu.
Daftar Isi:
- Elemen-Elemen Sistem Identitas Visual
- Warna
- Tipografi
- Bentuk
- Ilustrasi
- Gambar Background
- Pola dan Tekstur
- Penerapan Sistem Identitas Visual
Elemen-elemen Sistem Identitas Visual
Sistem identitas visual penting untuk membedakan produk Anda dengan produk pesaing sehingga customer mudah mengenali suatu brand hanya dengan melihat tampilan visualnya.
Ada 6 elemen yang secara bersama-sama membentuk suatu sistem identitas visual sebuah brand, yaitu bentuk, warna, tipografi, ilustrasi, gambar, pola dan tekstur.
Kombinasi 6 elemen dapat menciptakan sebuah identitas visual yang dinamis bagi perusahaan Anda selama penerapannya konsisten.
Masing-masing elemen membantu Anda memperkuat identitas perusahaan Anda. Kolaborasi harmonis dari berbagai elemen ini akan menciptakan ruang untuk bereksplorasi dengan penuh kreativitas.
a. Warna
Warna memainkan peran kunci dalam sistem identitas visual, karena keputusan penggunaan warna mempengaruhi penampilan secara keseluruhan.
Warna adalah penanda yang sangat kuat untuk membuat produk Anda menjadi berbeda dari yang lain.
Warna membantu memastikan bahwa brand Anda mudah dikenali, bahkan tanpa benar-benar melihat unsur-unsur lain dari identitas visualnya.
Untuk itu jangan memilih warna bagi perusahaan Anda berdasarkan selera atau asal pilih. Karena belum tentu warna yang Anda bisa merepresentasikan perusahaan Anda.
Berikut ini beberapa contoh warna identitas perusahaan serta makna yang merepresentasikannya.
b.Tipografi
Tipografi juga merupakan bagian penting karena digunakan untuk konten tertulis. Tidak cukup menyajikan informasi tanpa memperhitungkan tampilan visualnya.
Misalnya ketika menampilkan nama perusahaan Anda pada logo. Tipografi berperan penting dalam mengatur visual, baik dari segi tingkat keterbacaannya maupun daya tariknya.
Tipografi bisa mempengaruhi emosional audiens karena memiliki sifat yang dapat mewakili entitas tertentu.
Beberapa perusahaan paham betul kekuatan dari tipografi yang bisa secara langsung dikaitkan dengan perusahaan atau brand yang diwakilinya.
Pemilihan tipografi yang brilian tidak hanya mampu menarik perhatian customer, tetapi juga mampu mempertahankan vitalitasnya untuk jangka waktu tertentu.
Untuk itu perlu juga untuk memahami jenis-jenis font sebagai elemen identitas visual perusahaan Anda.
Kalau diklasifikasi, tipografi itu dibagi menjadi 4 jenis, yaitu serif, san serif, script dan dekoratif.
Serif
Jenis huruf Serif mempunyai kaki yang berbentuk lancip pada ujungnya, memiliki ketebalan dan ketipisan yang kontras pada garis-garis hurufnya. Memberi kesan klasik, formal, dan elegan.
Sans Serif
Jenis huruf Sans Serif tidak memiliki kaki pada ujung hurufnya dan memiliki ketebalan huruf yang sama. Melambangkan kesederhanaan, lugas, dan terarah.
Script
Huruf Script menyerupai goresan tangan yang dikerjakan dengan pena, kuas, atau pensil tajam dan biasanya miring ke kanan. Memberi kesan kasual dan menyenangkan.
Dekoratif
Huruf Dekoratif ini merupakan bentuk-bentuk huruf yang sudah ada namun ditambah ornamen atau garis-garis dekoratif. Memiliki kesan dekoratif dan ornamental.
c. Bentuk
Bentuk adalah elemen visual dasar yang tak kalah penting dari elemen-elemen lainnya.
Bentuk dapat menjadi bahan yang membentuk DNA identitas, di mana bentuk dipadukan dengan satu set warna dalam urutan tertentu.
Terdapat tiga bentuk dasar yaitu persegi, lingkaran, dan segitiga. Setiap bentuk memiliki makna tersendiri.
Untuk menentukan bentuk logo yang sesuai dengan konsep dan kepribadian perusahaan Anda, penting untuk mengenal sifat atau makna yang terkandung di dalamnya.
Bagaimana setiap bentuk logo merepresentasikan image setiap perusahaan bisa terlihat pada gambar di bawah ini.
d. Ilustrasi
Untuk mendekatkan diri dengan audiens juga dapat dilakukan dengan pendekatan ilustratif.
Ilustrasi adalah suatu gambar yang tidak dihasilkan dari kamera atau fotografi untuk visualisasi. Dengan kata lain, ilustrasi yang dimaksudkan di sini adalah gambar yang dihasilkan secara manual.
Ilustrasi digunakan untuk membantu mengkomunikasikan pesan dengan tepat dan cepat sehingga bisa membentuk suatu suasana yang hidup dan penuh emosi.
Sebagai strategi komunikasi, ilustrasi mampu meningkatkan ketertarikan customer Anda untuk melihat gambar sebelum membaca teks.
Misalnya pada media promosi, ilustrasi bisa berupa maskot yang memberikan gambaran persona brand Anda dan kualitas produk Anda. Ini akan dinilai lebih konkret.
Contohnya bisa Anda lihat pada Sticker Maskot Brand
e. Gambar Background
Elemen gambar dapat berupa foto, artworks, infografis, dan lain-lain yang digunakan untuk memperkuat kesan terhadap persona brand.
Gambar berperan penting untuk membuat suasana hati, perasaaan, atau situasi khusus menjadi terlihat sehingga sangat tepat untuk bercerita lewat media yang digunakan.
Gambar membantu mengomunikasikan nilai-nilai atau cerita sebuah brand, menghubungkan konten dengan lingkungan hidup yang sebenarnya dari customer, dan juga mengomunikasikan pesan pada tingkat yang emosional.
Dalam sistem identitas visual, terkadang elemen gambar ditempatkan sebagai latar belakang (background).
Background ini bisa menjadi unsur pengikat antar elemen-elemen desain. Secara keseluruhan tampilan bisa bervariasi, namun kesannya tetap satu kesatuan.
f. Pola dan Tekstur
Mungkin banyak yang salah paham dan menganggap pola dan tekstur itu sama, padahal sebenarnya berbeda.
Dari segi visualnya, pola ini berupa bentuk visual yang berulang sehingga memberikan nuansa visual yang variatif, sementara tekstur berupa gambaran visual dan rasa sentuhan akan halus atau kasarnya suatu objek.
Pola dan tekstur berperan untuk membantu menyoroti konten atau jenis informasi yang spesifik, membuat informasi yang kompleks menjadi mudah dipahami, dan untuk menghubungkan/memisahkan teks dan gambar secara visual.
Berbagai tampilan dapat dibuat dengan menggunakan elemen tersebut sehingga setiap kali hasilnya akan berbeda namun tidak mengubah ciri khas perusahaan.
Penerapan Sistem Identitas Visual
Identitas harus ditampilkan dengan konsisten akan memberi gambaran pada publik bahwa entitas tersebut konsekuen dan profesional.
Penerapan identitas pada berbagai media didasarkan pada berbagai faktor, seperti besar kecilnya perusahaan, besar kecilnya budget, sektor industri, brand architecture, bidang usaha dan lain-lain.
Media apa saja yang umumnya digunakan?
Stationary
Terdapat kartu nama, surat, amplop, kwitansi, tanda terima, memo, label/sticker dan tanda pengenal (name tag).
Marketing/Sales
Company profile, katalog/menu, brosur, banner, billboard, majalah, media sosial dan website.
Berbeda jenis usahanya tentu berbeda pula kebutuhan akan medianya. Misalnya perusahaan makanan lebih membutuhkan menu dan kemasan, sedangkan perusahaan asuransi lebih membutuhkan amplop dan kartu nama.
Apapun media yang Anda gunakan, pastikan untuk mengaplikasikan keseluruhan elemen, baik warna, bentuk, tipografi, dan elemen lainnya secara konsisten.
Contohnya KFC, dari segi warna, kita bisa lihat bahwa selalu ada warna merah pada kemasan, billboard, dan bahkan desain interiornya. Sehingga warna merah dan brand KFC seolah sudah menyatu, dan melekat di benak customer.
~
Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa desain logo orisinal dan berkualitas. Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020, diantaranya adalah Dirjen Jendral Pajak, Universitas Teknologi 10 Nopember, Teh Botol Sosro, dan lainnya. Anda bisa melihatnya di halaman portfolio.
Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.