Ketika mau buat logo, pertanyaan yang biasanya muncul duluan adalah “berapa sih harga desain logo?”
Harga desain logo sangat variatif. Ada yang puluhan ribu, ada yang jutaan bahkan hingga miliaran rupiah.
Nah, kenapa harga yang termurah dan yang termahal beda gitu jauh ya?
Itulah yang akan kita bahas dalam tulisan ini.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Desain Logo
Pada dasarnya harga desain logo bergantung pada kebutuhan si klien. Jika kebutuhannya lebih sulit dipenuhi, otomatis harganya lebih mahal.
Kebutuhan klien dalam desain logo bisa dibagi ke dalam beberapa faktor berikut:
- Orisinalitas
- Keunikan
- Filosofi
- Brand Guideline
- Riset Pasar
Yuk kita bahas satu per satu!
Orisinalitas
Orisinalitas berarti keaslian sebuah karya. Karya yang orisinil berarti dimulai dari nol, dari kanvas kosong.
Karya yang orisinil tidak menggunakan desain logo yang bisa didapatkan di Internet, kemudian diubah sedikit agar terlihat beda.
Apakah ini termasuk ilegal?
Belum tentu.
Ada beberapa platform online yang menyediakan desain template logo yang siap untuk digunakan. Hanya saja, isi syarat dan ketentuannya menjelaskan bahwa para pengguna tidak akan mendapatkan hak cipta atas desain tersebut.
Artinya apa?
Orang lain juga berhak untuk menggunakan logo yang sama.
Bayangkan bisnis Anda sudah berkembang pesat, dan tiba-tiba ada orang yang meniru model bisnis Anda serta menggunakan logo yang sama, namun Anda tidak bisa menuntutnya.
Bagaimana perasaan Anda?
Keunikan
Logo yang orisinil belum tentu unik. Apa itu logo yang unik?
Sebelum memulai proses desain logo, biasanya desainer akan meminta beberapa informasi dari klien terlebih dahulu.
Informasi ini bisa berupa: logo ini mau dipakai untuk bisnis apa, apakah ada hal tertentu yang diinginkan klien ada dalam logo tersebut, atau apakah ada yang tidak diinginkan.
Dengan informasi-informasi ini, desainer akan lebih bisa menghasilkan desain logo yang unik sesuai dengan keinginan klien.
Ini contoh logo yang unik untuk bisnis warung ayam penyet.
Pak Bejo, pemilik warung ini, selalu mengenakan singlet dan sarung ketika berjualan. Kelihatan uniknya kan?
Filosofi
Salah satu faktor terpenting dalam sebuah logo adalah filosofi atau makna dibalik logo tersebut.
Memasukkan filosofi atau makna yang tepat ke dalam sebuah logo membutuhkan kreativitas tinggi dan waktu yang cukup lama.
Biasanya klien akan di-interview terlebih dahulu untuk mengetahui sejarah asal mula bisnisnya, mengapa dia merintis bisnis tersebut dan apa visi misi bisnis kedepannya.
Sebuah logo harus bisa menceritakan hal-hal tersebut.
Ketika sebuah desain logo berhasil melakukannya, desain logo tersebut bisa dikategorikan profesional.
Brand Guideline
Sebuah brand bukan hanya sebuah logo. Sebuah brand juga mencakup hal lainnya seperti warna, font, dan juga hal-hal lain yang tidak berhubungan dengan desain grafis seperti musik.
Brand guideline adalah sebuah panduan tentang cara menggunakan hal-hal tersebut sehingga konsisten dan sesuai dengan brand tersebut.
Brand guideline yang didapatkan dari desain logo biasanya berupa ukuran dan penempatan logo yang ideal, kombinasi warna yang cocok dan yang harus dihindari, kombinasi font yang cocok, dan lainnya.
Panduan ini biasanya dibutuhkan ketika ingin membuat desain lainnya seperti desain kemasan, desain brosur, desain banner hingga desain postingan media sosial.
Riset Pasar
Inilah faktor yang bisa membuat harga desain logo mencapai miliaran rupiah.
Faktor ini memiliki hubungan erat dengan marketing. Biasanya hanya agensi-agensi besar yang mampu menawarkan jasa desain logo sekelas ini.
Sebelum proses desain dimulai, riset pasar secara detil akan dijalankan terlebih dahulu.
Riset ini mencakup bagaimana sifat dan perilaku customer yang ideal untuk klien, juga bagaimana kondisi para kompetitor saat ini.
Dari data yang didapatkan, tim desain kemudian akan mengonsep dan menghasilkan sebuah logo dengan identitas brand yang kuat, yang lebih bisa menarik perhatian calon customer ideal daripada kompetitornya.
Logo yang telah jadi tersebut bukanlah hasil final, masih ada proses selanjutnya.
Selanjutnya akan dilakukan fase testing pasar dan survey untuk mengetahui bagaimana respon orang-orang akan logo tersebut.
Jika responnya masih belum sesuai ekspektasi, logo tersebut hanyalah sebatas sebuah desain logo yang bagus. Namun belum layak untuk diserahkan ke klien.
Tim desain akan kembali mengonsep dan membuat alternatif desain logo yang baru, kemudian dites lagi, sampai mendapatkan sebuah logo yang mendapatkan respon yang sesuai ekspektasi.
Repot bukan?
Itulah sebabnya desain logo sekelas ini bisa memakan waktu beberapa bulan hingga setahun, dan pastinya biaya yang sangat mahal.
Tahukah Anda, rekor logo termahal adalah logo perusahaan British Petroleum yang harganya hampir 3 miliar rupiah.
Berapa Harga Desain Logo Yang Sesuai Untuk Bisnis Anda?
Nah, kali ini pertanyaannya lebih tepat, bagaimana mengetahui harga desain logo yang sesuai untuk bisnis tertentu.
Sebelum lanjut… ini hanya pendapat pribadi yang menulis artikel ini ya. Silakan dipertimbangkan lebih lanjut.
Jika ingin buat logo untuk sebuah bisnis yang sekedar coba-coba dulu, boleh saja memakai jasa desain logo seharga puluhan ribu hingga seratus-dua ratus ribu rupiah.
Seandainya bisnis Anda berjalan dengan baik, dan mau diseriusin, segera perbaiki logonya ya. Sebaiknya gunakan desain logo yang orisinil, unik dan alangkah baiknya memiliki filosofi bisnis Anda.
Harga desain logo seperti ini biasanya berkisar di antara 2-5 juta rupiah.
Punya budget lebih? Cari jasa desain logo yang juga memberikan brand guideline. Harganya sekitar 5-10 juta rupiah.
Seandainya lagi bisnis Anda berkembang sangat pesat, cabang tersebar di seluruh Indonesia atau bahkan dunia, ini saatnya Anda mengalokasikan dana untuk desain logo beserta brand Anda.
Siap-siap untuk mengeluarkan dana ratusan juta hingga miliar rupiah.
Jasa Desain Logo dari Passion Designs
Sedikit informasi tentang jasa desain logo dari Passion Designs ya.
Kami menawarkan jasa desain logo yang dijamin orisinil, unik dan diciptakan sesuai dengan filosofi Anda.
Jaminan dari kami adalah garansi uang kembali 100% jika seandainya Anda merasa tidak cocok sama sekali dengan desain yang kami berikan.
Udah pengen desain logo Anda?
Sebelum dipesan, silakan lihat dulu halaman pricing kami yang di-update dengan promo-promo terbaru. Mana tahu sedang ada promo untuk desain logo 🙂