Sebagai identitas brand, logo juga mendorong orang bukan cuma untuk mengenali, tapi juga antusias terhadap brand Anda. Tak heran banyak brand besar yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk merancang logo baru yang lebih unik.
Bahkan ketika berbicara tentang brand, secara langsung kita menyamakannya dengan logo.
Namun masih banyak juga pemilik bisnis yang masih belum menyadari pentingnya peran logo bagi bisnisnya.
Sehingga masih ada yang menggunakan logo dari platform gratis, logo yang instan dan murah (tanpa disertai riset), yang pada akhirnya merusak reputasi brandnya.
Bagaimana dengan logo brand Anda? Apakah ini saatnya Anda harus mulai merancang logo baru?
Mari kita bahas pada artikel ini.

Daftar Isi:
- Apa Pentingnya Logo?
- Kapan Sebaiknya Mulai Merancang Logo Baru?
- Lahirnya Perusahaan Baru
- Hadirnya Pemilik Baru
- Munculnya Produk Baru
- Adanya Program Baru
- Ingin Menciptakan Pasar Baru
- Mendapatkan Predikat Baru
- Hadirnya Pemimpin Baru
- Mencari Jasa Desain Logo Terdekat
Apa Pentingnya Logo?
Logo merupakan penanda yang mewakili brand Anda. Biasanya logo terdiri dari 2 macam, yaitu logogram dan logotype. Logogram berupa elemen gambar, sementara logotype berupa elemen tulisan.
Suatu logo diperoleh maknanya dari suatu kualitas yang disimbolkan, melalui budaya perusahaan, positioning, historis atau aspirasi.
Dalam perancangannya yang perlu diperhatikan adalah logo harus jelas terlihat, terbaca dan keunikannya tetap terjaga.
Fungsi dari logo adalah membuat orang tahu karakter dan kredibilitas brand Anda. Karena pada dasarnya logo merupakan suatu instrumen rasa harga diri dan nilai-nilai yang mampu mewujudkan citra positif brand Anda.
Memang benar logo adalah sebuah lambang atau simbol yang tidak menjual secara langsung. Tetapi logo memberi suatu identitas, informasi, persuasi yang pada akhirnya menjadi alat pemasaran.
Kapan Sebaiknya Mulai Merancang Logo Baru?
Melihat dari perkembangan zaman yang memunculkan berbagai teknologi yang semakin canggih, ternyata bukan hanya mempengaruhi kehidupan manusia saja, tetapi juga perkembangan kualitas logo.
Inilah yang menyebabkan setiap waktu tertentu munculnya trend desain logo. Apakah itu trend logo minimalis, bentuk 3D dan lain sebagainya.
Namun bukan berarti setiap ada trend baru Anda juga harus selalu merancang logo baru supaya mengikuti trend.
Nah, secara umum suatu entitas (perusahaan, lembaga, bisnis, dsb.) akan merancang logo baru ketika terjadinya kondisi berikut ini.
Lahirnya Perusahaan Baru
Kehadiran perusahaan baru, anak perusahaan, atau pembentukan perusahaan induk (group holding) memerlukan identitas visual yang dapat menggambarkan visi-misi dan tujuan perusahaan ke depan.
Perancangan logo perusahaan baru mempunyai tantangan tersendiri dibandingkan redesain untuk perusahaan yang sudah eksis.
Karena sebagai perusahaan baru, tentunya sulit untuk langsung bisa dipercaya oleh masyarakat. Ada beberapa tahap yang harus dilewati.
Yang pertama tentunya adalah tahap pengenalan. Itu artinya Anda perlu merancang identitas untuk bisa dikenali. Logo adalah wujud identitas visual perusahaan Anda.
Untuk menciptakan image yang baik, Anda perlu melakukan berbagai upaya, terutama menghindari plagiarisme dalam merancang logo baru untuk perusahaan Anda.
Kehadiran Pemilik Baru
Tak jarang terjadi berbagai tindakan seperti merger, akuisisi, atau konsolidasi pada suatu perusahaan sehingga memungkinkan munculnya sosok pemilik yang baru.
Pemilik baru biasanya ingin menempatkan tandanya sendiri pada perusahaan sekaligus berusaha memperoleh ekuitas merek atau perusahaan lain.
Jika pemilik baru memiliki beberapa perusahaan, perancangan juga perlu memperhatikan perusahaan lain agar tidak saling menyerupai.
Pemilik lama biasanya cenderung lebih menghargai tradisi, sementara pemilik baru cenderung lebih menginginkan pembaruan.
Untuk mengkomunikasikannya, Anda perlu merancang logo baru perusahaan sebagai penanda/simbol.
Munculnya Produk Baru
Mungkin saja segala hal yang berkaitan dengan produk Anda saat ini benar-benar baik, mulai dari tampilan, fungsi, hingga penjualan. Tapi ingat bahwa kompetitor pasti selalu ada.
Ketika Anda berhasil dengan produk Anda, pasti ada saja orang lain yang menawarkan produk yang sama dengan Anda.
Karena itulah Anda perlu melakukan inovasi terhadap produk Anda agar mampu menghadapi produk pesaing.
Bisa dilakukan dengan menawarkan berbagai kelebihan (lebih cepat, mudah, ringan, harga terjangkau, kuat, lengkap, awet, dan sebagainya).
Menghadirkan produk yang lebih baik merupakan keharusan karena pergeseran tren akan selalu terjadi. Perubahan besar seringkali ditandai dengan merancang logo baru.
Contohnya logo baru Telkomsel yang menandai adanya pembaharuan pada beberapa produk brandnya, yaitu Telkomsel Prabayar dan Telkomsel Halo
Yang hadir dengan dukungan keunggulan jaringan broadband berteknologi terdepan, memberikan lebih banyak kemudahan dan kenyamanan untuk pengalaman pelanggan.
Adanya Program Baru
Perusahaan yang menggunakan teknologi baru sebagai metode produksi yang lebih baik atau perangkat digital dalam mengelola industri, informasi, dan komunikasi tentunya akan melakukan perubahan mendasar pada cara kerja.
Hal ini berpengaruh pada produktivitas, struktur organisasi, proses bisnis yang berlangsung, dan hubungan dengan pelanggan.
Semua ini menjadi sinyal bahwa identitas harus diubah untuk menandakan sistem yang baru.
Ingin Menciptakan Pasar Baru
Perusahaan yang sehat tentu akan semakin berkembang dan memperluas jangkauan pasarnya mulai dari lokal hingga internasional.
Dalam bekerja sama dengan perusahaan asing atau ekspansi global ke negara lain, perusahaan sering membutuhkan identitas baru untuk meraih kepercayaan pasar.
Agar dapat diterima oleh masyarakat pada negara tertentu, tentunya harus menyesuaikan diri terhadap budaya dan karakter mereka.
Misalkan sebelumnya target pasar Anda hanya masyarakat Indonesia kemudian ingin melebarkan sayap hingga ke luar negeri, maka logo Anda harus merancang logo baru.
Perlu diingat pula bahwa di setiap negara tentu memiliki kebudayaan, tradisi atau kepercayaan yang berbeda, sehingga logo Anda bisa menimbulkan persepsi yang berbeda di setiap negaranya.
Maka perhatikanlah segala aspek berkaitan dengan tempat target pasar Anda tinggal sebelum merancang logo baru.
Predikat Baru
Perusahaan yang sehat tentu akan semakin tumbuh dan naik kelas, dari perusahaan kecil menjadi perusahaan menengah hingga berskala besar.
Pertumbuhan ini juga diikuti dengan pergantian status, misalnya menjadi perusahaan berbadan hukum atau dari perusahaan tertutup menjadi perusahaan yang go public.
Identitas baru dapat mendukung perusahaan untuk memperoleh pengakuan publik terhadap statusnya.
Pemimpin Baru
Pada dasarnya brand yang besar adalah cerminan dari visi, misi dan nilai yang disuarakan oleh pemimpinnya.
Jadi jika terjadi pergantian kepemimpinan dalam perusahaan tentunya dapat menimbulkan banyak perubahan.
Ketika pemimpin baru masuk, yang terjadi tidak hanya perubahan personal, tetapi juga perubahan kebijakan bahkan visi dan misi perusahaan.
Tentu saja hal ini akan menimbulkan ketidaksinambungan logo perusahaan dengan perusahaan tersebut.
Kenapa?
Karena pada dasarnya logo perusahaan saat ini tentunya terikat dengan visi dan misi yang lama. Jadi jika ada visi dan misi yang baru, maka logo perusahaan saat ini sudah tidak lagi menggambarkan atau merepresentasikan perusahaan tersebut.
Untuk itu perlu dirancang logo yang baru yang bisa mewakilkan perusahaan.
~
Mencari Jasa Desain Logo Terdekat
Jika belum memiliki logo dan tidak mempunyai skill dalam pembuatan desain logo, Anda bisa menggunakan jasa desain grafis.
Ada banyak agensi desain grafis di Indonesia, namun jika Anda ingin mencari yang terdekat, Anda bisa melakukan Googling.
Pastikan bahwa Anda memilih agensi desain grafis dengan review terbaik. Baca juga artikel tentang Tips Mencari Jasa Desain Logo Perusahaan yang Cocok Untuk Anda
Namun zaman sekarang, dengan teknologi yang serba canggih, lokasi bukanlah menjadi sebuah masalah.
Yang penting adalah menemukan agensi desain grafis yang profesional yang dapat merancang logo baru original dan bisa merepresentasikan bisnis Anda.
Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa desain logo orisinal dan berkualitas. Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020, diantaranya adalah Dirjen Jendral Pajak, Universitas Teknologi 10 Nopember, Teh Botol Sosro, dan lainnya. Anda bisa melihatnya di halaman portfolio.
Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.