Mengapa harus desain maskot untuk bisnis kita? Apakah wajib?
Tidak wajib sih.
Namun jika kita tidak mendesain sebuah maskot untuk bisnis kita, ada beberapa keuntungan yang tidak bisa kita dapatkan dengan cara lainnya.
Jangan menganggap bahwa maskot itu hanya sekedar untuk membuat boneka atau merchandise untuk bisnis kita. Ada hal-hal lainnya yang jarang terpikirkan oleh pemilik bisnis, termasuk juga Anda yang membangun personal branding.
Yuk kita bahas lebih lanjut!
Apa itu Maskot?
Maskot pada dasarnya adalah sebuah desain karakter. Maskot biasanya dibuat untuk merepresentasikan suatu hal, bisa itu produk ataupun sebuah bisnis.
Maskot bisa dibuat seunik mungkin, sesuka imaginasi kita sendiri. Ini adalah sebuah keuntungan besar untuk bisnis kita, akan kita jelaskan lebih detilnya nanti.
Walaupun masih banyak bisnis yang belum memiliki maskot, bukan berarti maskot tidak penting. Malah sebaliknya, mari kita pandang hal ini sebagai sebuah kesempatan agar bisnis kita menjadi lebih baik daripada para kompetitor.
Setelah membaca penjelasan selanjutnya tentang 7 buah keuntungan desain maskot bagi bisnis, Anda pasti akan lebih yakin lagi bahwa desain maskot wajib dimiliki setiap bisnis.
1. Maskot Menumbuhkan Ikatan Dengan Pelanggan
Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki interaksi yang lebih kuat dengan makhluk hidup lainnya dibandingkan dengan benda mati.
Ketika menggunakan logo (benda mati) untuk berinteraksi dengan para pelanggan, sangat sulit untuk menumbuhkan sebuah ikatan yang kuat. Logo tidak bisa menunjukkan sebuah emosi yang bisa dirasakan orang.
Kita membutuhkan sebuah karakter hidup yang memiliki emosi, disitulah peran maskot.
Lantas kenapa tidak menggunakan orang saja?
Nah, kita lanjut ke penjelasan berikutnya ya. Anda akan mengerti mengapa menggunakan maskot lebih baik daripada manusia.
2. Maskot Mudah Diingat Orang Karena Unik
Kita bebas mau membuat penampilan maskot kita seperti apa. Bermata tiga, ekor bercabang dua, bertanduk, kekar, langsing, bersayap… Terserah kita!
Tapi sebagai manusia, kita tidak mungkin bisa menjadi seperti itu.
Itulah yang disebut sebagai keunikan, sesuatu yang kita miliki dan tidak dimiliki oleh orang lain. Keunikan inilah yang membuat kita gampang diingat oleh orang.
3. Maskot Tidak Akan Mati
Maskot bisa hidup ratusan tahun dan tetap hidup seperti pertama kali dia ciptakan.
Mickey Mouse diciptakan tahun 1928, sudah 93 tahun, tapi penampilannya masih tetap sama, tidak ada jenggot, kumis ataupun uban. Hehehe.
Bagaimana jika seandainya kita menggunakan seorang manusia sebagai ambasador atau representatif bisnis kita. Apakah dia bisa bertahan selama itu?
4. Maskot Tidak Pernah Salah
Pernah tidak melihat Mickey Mouse melakukan perbuatan yang tidak sopan atau tidak senonoh? Gak pernah kan?!
Pernah tidak melihat seorang model atau brand ambasador yang seharusnya berperilaku baik sopan, menjadi panutan banyak orang, ternyata terlibat kasus seksual atau kasus negatif lainnya?
Itulah manusia. Tidak ada yang sempurna.
Tapi maskot bisa sempurna. Tergantung bagaimana kita menampilkannya.
5. Maskot Bisa Melakukan Apapun
Mickey Mouse bisa makan burger dengan sekali lahap. Mickey Mouse ketika pusing matanya bisa berputar-putar.
Manusia bisa gak? Hehe.
“Bisa melakukan apapun” bukanlah sebuah keuntungan, namun emosi yang dihasilkan itu sebuah keuntungan. Ketika penampilan maskot kita ubah jadi aneh dan lucu, peristiwa ini akan lebih gampang diingat oleh orang, sangat ampuh ketika kita ingin memasukkan informasi tertentu ke orang-orang.
6. Royalti
Memang keuntungan dari yang namanya royalti butuh proses yang cukup panjang dalam membangunnya.
Ketika brand kita sudah kuat, akan ada banyak penawaran kerjasama dari pihak luar. Misalnya mereka ingin menggunakan maskot kita untuk ditampilkan di produk mereka, sehingga penjualan mereka meningkat.
Kita akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan. Namun selain itu, kita juga memperlebar pangsa pasar kita. Ketika partner kita mempromosikan produk hasil kolaborasi kita, brand kita menjadi dikenal oleh customer mereka yang sebelumnya belum pernah kita jangkau.
7. Maskot, si Pelindung Introvert
Membangun sebuah brand akan lebih cepat jika kita menggunakan sebuah karakter. Karakter ini yang akan tampil sebagai foto profil kita, di postingan media sosial kita ataupun sebagai stiker chattingan.
Namun ini adalah tantangan yang sangat berat bagi para introvert. Betul kan?
Di sinilah peran sebuah maskot. Maskot bisa menggantikan diri kita untuk tampil di depan publik, tanpa harus diketahui siapa pemilik maskot tersebut.
Udah gitu, gak bisa mati, gak pernah salah dan bisa ngapain aja. Asyik kan? Hehe.
Mencari Jasa Desain Maskot
Sekarang Anda sudah yakin bahwa maskot itu sangat penting bagi sebuah bisnis yang ingin maju dan memenangi kompetisi. Namun Anda bingung, di mana mencari jasa desain maskot yang bagus? Yang bagus itu yang bagaimana?
Ada dua kriteria penting dalam desain maskot, yaitu orisinil dan sesuai brand. Jika kedua kriteria ini tidak terpenuhi, maka investasi yang Anda kucurkan dalam desain maskot bisa berisiko menjadi sia-sia.
Untuk menemukan jasa desain maskot orisinil dan profesional, silakan hubungi kami Passion Designs yang telah berpengalaman menghasilkan ribuan desain grafis untuk para klien.
Silakan lihat portfolio maskot kami terlebih dahulu, atau boleh langsung hubungi kami untuk berdiskusi.