preloader
Scroll to top
Komplek Suluh Town House, No.17 Jalan Suluh, Sidorejo Hilir, Medan Tembung Medan City, North Sumatera 20222
cs@passiondesigns.co.id

Kriteria Desain Logo Online Shop yang Menarik Perhatian Customer

Hai owners! Kamu pasti ingin punya desain logo online shop yang dapat menarik perhatian customer kamu kan?

Tapi tahu gak sih, sebagian besar customer tidak begitu yakin melakukan transaksi online karena banyak kasus penipuan yang terjadi.

Padahal faktor kepercayaan customer adalah kunci yang mempengaruhi terjadinya transaksi jual beli. Dan kepercayaan ini sepenuhnya bergantung pada informasi yang cukup tentang online shop kamu loh.

Jadi selain menarik, kamu juga harus menampilkan desain logo online shop yang dapat memberikan gambaran atau informasi tentang online shop kamu kepada customer.

desain logo online shop

Bagaimana Desain Logo Online Shop yang Menarik Perhatian Customer?

Kepercayaan tidak bisa timbul jika customer belum mengenali kamu atau toko kamu kan?

Sama halnya dengan bagaimana kamu bisa mempercayai teman kamu. Semuanya berawal dari perkenalan. Yang pertama kali kamu nilai adalah penampilan fisiknya, seperti wajah dan gaya rambut.

logo ibarat wajah

Begitu juga dengan online shop kamu. Hal yang pertama dilihat adalah logo, kemudian penampilan produk kamu. Di sinilah desain logo berperan sebagai wajah dari online shop kamu.

Customer akan menilai dari bentuk dan karakter yang kamu tampilkan. Jika menarik, maka mereka akan menilai baik kualitas produk kamu.

Lalu bagaimana kriteria desain logo online shop dapat menarik perhatian customer?

Kita akan bahas selanjutnya dalam tulisan ini.

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu.

Customer Sulit Mengingat Nama Online Shop

Pada dasarnya otak kita lebih mudah mengenali gambar dibandingkan kata-kata. Inilah mengapa kita sering mengingat wajah seseorang namun lupa namanya.

manusia lebih visual

Jadi wajar saja jika customer sulit mengingat nama online shop kamu meskipun sudah pernah melakukan transaksi dengan kamu sebelumnya.

Dibandingkan mengingat nama toko, apalagi begitu banyak nama toko dan seringkali hampir sama dengan nama toko kamu, orang akan lebih mudah mengingat gambar.

Kamu akan kesulitan mendapat perhatian dan bahkan loyalitas calon customer kamu kalau mereka tidak mengenal dan mengingat toko kamu.

Logo Sebagai Identitas Visual

Jumlah online shop yang memasarkan produk yang sejenis dengan online shop kamu cukup banyak dan bahkan ada yang memiliki nama yang hampir sama.

Jadi bagaimana customer mudah mengenali online shop kamu, membedakan dengan yang lain dan mengingatnya, sementara mereka hanya bisa melihat dari layar handphone atau komputer.

online shop

Inilah kenapa toko kamu membutuhkan identitas sebagai penanda dan pembeda dengan toko lainnya secara visual dalam bentuk grafis, simbol, ilustrasi gambar, huruf dan sebagainya.

Sebagai identitas visual, desain logo dapat membantu customer mengetahui nama online shop kamu, memberikan gambaran tentang aktivitas dan produk-produk yang kamu tawarkan.

Jenis Bentuk Logo

Berbagai macam bentuk desain logo telah hadir sebagai identitas visual dari masing-masing bisnis.

Dilihat dari segi bentuknya, logo pada umumnya dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

Letter mark saja

Kamu bisa menggunakan desain logo hanya dengan elemen tulisan saja jika nama online shop kamu sudah baik, unik dan berbeda dari yang lain.

logo brand letter mark

Picture mark dan letter mark

Kamu juga bisa menggunakan logo yang terdiri dari gambar dan tulisan bila nama toko kamu terlalu generik atau butuh gambar untuk lebih menjelaskan karakter bisnis kamu.

logo brand picture mark dan letter mark

Picture mark saja

Kamu bisa menggunakan logo hanya dengan elemen gambar saja dengan catatan bisnis kamu sudah berkembang dan sudah melekat di benak masyarakat.

logo brand picture mark

Untuk menentukan bentuk logo yang sesuai dengan konsep dan karakteristik dari online shop kamu, sebaiknya pelajari dulu hubungan antara bentuk-bentuk dasar dan sifat yang terkandung di dalamnya.

Seperti bentuk segitiga pada logo maskapai Delta yang menunjukkan kecepatan dan pergerakan.

Namun bentuk segitiga yang mengarah ke bawah bisa berarti negatif di beberapa kultur. Untuk itu kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Tahapan Membuat Logo

Dalam mendesain logo, kamu harus menggunakan tahapan kerja yang benar agar dapat menghasilkan karya dengan kualitas yang optimal.

Tahapan kerja yang ditampilkan di sini adalah pola umum yang dapat kamu jadikan sebagai pedoman.

Riset dan Analisa

melakukan riset dan analisa

Yang pertama kali dilakukan adalah mencari fakta-fakta yang terkait dengan bisnis kamu. Misalnya dari segi visi, misi, target pasar, keunggulan, kelemahan, lingkungan, kompetitor dan lain-lain.

Kemudian meriset alasan dan tujuan  pembuatan logo. Lalu seluruh hasil riset dikumpulkan dan dirangkum dalam bentuk keywords / kata-kata kunci untuk digunakan pada tahap berikutnya.

Sketsa

membuat sketsa logo

Keywords dari hasil riset dan analisa kemudian dikembangkan dengan membuat sketsa-sketsa dasar menggunakan pensil atau pulpen.

Digitalisasi

mendesain di komputer

Setelah sketsa terbentuk, finishing dapat dilakukan melalui komputer. Kamu bisa scan lalu mengeditnya atau menggambar ulang menggunakan drawing software seperti Adobe Illustrator dan CorelDraw.

Review

ulasan logo online shop

Selanjutnya kamu bisa menilai hasil akhirnya. Kamu bisa meminta pendapat orang lain. Jangan lupa untuk meriset logo-logo bisnis lain untuk mengantisipasi kemiripan bentuk.

Logo yang mirip dengan logo lain walaupun tidak disengaja akan mempertaruhkan reputasi bisnis kamu.

Kriteria Desain Logo Online Shop yang Bisa Menarik Perhatian Customer

Desain logo yang menarik dapat membuat toko kamu terkesan menjual produk yang berkualitas.

Ada beberapa kriteria desain logo online shop yang dapat menarik perhatian calon customer kamu.

Unik

Bentuknya memiliki ciri khas tersendiri, cukup berbeda dengan desain logo online shop yang lain, dan tidak membosankan atau ketinggalan zaman.

logo brand unik

Simpel

Bentuknya mudah ditangkap mata, dikenali, dan diingat.

logo brand simpel

Fleksibel

Memiliki berbagai versi bentuk yang dapat disesuaikan dengan ruang pada media yang tersedia dan tetap dapat mewakili bisnis kamu meskipun ada perubahan yang terjadi.

Contohnya logo Federal Express yang dapat menonjolkan brand induk beserta masing-masing unit usahanya.

logo brand fleksibel

Kesimpulan

Perancangan logo tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat, kamu harus melalui proses yang bertahap.

Tapi kamu bisa kok mendapatkan desain logo online shop yang menarik tanpa harus melewati tahapan yang buat kamu malah kehabisan banyak tenaga, waktu, dan pikiran.

Gimana caranya?

Nah, di Passion Designs kamu bisa mendapatkan desain logo yang dijamin orisinil, unik dan didesain sesuai dengan identitas online shop kamu.

Ada jaminan garansi uang kembali 100% kalau seandainya kamu merasa tidak cocok sama sekali dengan desain yang kami berikan loh.

Mau pesan sekarang?

Boleh! Tapi sebelumnya, silakan lihat dulu halaman pricing kami yang di-update dengan promo-promo terbaru. Mana tahu sedang ada promo untuk desain logo.
maskot sion passion designs

passiondesigns
WhatsApp Us