Logo merupakan salah satu desain komunikasi visual. Desain komunikasi visual sering disebut juga dengan desain grafis. Arti dari kedua kata ini sama, yaitu suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan sebuah informasi atau sebuah pesan dengan cara seefektif mungkin.
Arti lain dari desain komunikasi visual adalah seni rupa terapan yang menggunakan ungkapan kreatif dan berbasis komunikatif dan informatif, yang disampaikan oleh masyarakat dengan bahasa persuasif secara visual dengan mengolah elemen desain grafis yang berupa bentuk, gambar, huruf, warna, dan layout, sehingga informasi atau pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat di luar sana.
Untuk membangun sebuah brand perusahaan, pengusaha wajib membuat logo perusahaannya semenarik mungkin dengan kualitas yang tidak main-main. Hal ini penting dilakukan karena sebuah logo akan mampu mencerminkan identitas diri dari suatu perusahaan tertentu supaya bisa lebih dikenal oleh banyak orang. Maka dari itu logo bisa disama-artikan dengan desain komunikasi visual.
Sebagian besar logo perusahaan didesain berdasarkan filosofi cerita yang terkandung di dalamnya. Namun, tidak menutup kemungkinan, terdapat juga logo perusahaan yang tidak mewakili identitas perusahaan tersebut, tapi tentu hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dicontoh. Sebab, balik ke awal, logo merupakan salah satu cara yang penting untuk membangun sebuah brand perusahaan.
Mengapa Logo Merupakan Salah Satu Desain Komunikasi Visual?
Mengapa logo dikatakan sebagai salah satu desain komunikasi visual? Ya, hanya dengan melihat fisik luarnya saja, tentu sudah menunjukkan bahwa logo termasuk dalam salah satu desain komunikasi visual, tapi disini kita akan menjelaskannya secara rinci mengapa istilah ini sampai muncul
Arti dari fungsi logo itu sendiri adalah suatu bentuk ekspresi dan bentuk visual dari konsep perusahaan, produk, organisasi, dan institusi. Selain itu, logo juga merupakan simbol visual yang memiliki bentuk dari nilai strategis perusahaan tertentu. Maka dari itulah logo termasuk dari sekian banyak desain komunikasi visual lainnya.
Karena desain komunikatif visual apapun itu bisa dikatakan memiliki peranan penting sebagai bentuk komunikasi, maka bisa dikatakan logo juga memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan persepsi yang melekat tentang suatu merek atau perusahaan terhadap seorang konsumen.
Fungsi logo
Meskipun sejak awal sudah disebutkan bahwa logo memiliki fungsi sebagai cerminan dari identitas diri suatu perusahaan tertentu namun masih terdapat fungsi lainnya dari sebuah logo yang perlu orang ketahui. Apa saja fungsi dari sebuah logo? Berikut jawabannya:
1. Identitas produk atau perusahaan
Ya, ini merupakan fungsi utama dari sebuah logo. Logo adalah salah satu bentuk pesan dari suatu produk atau perusahaan yang dapat tersampaikan secara efektif. Sebab, logo merupakan penggabungan dari realitas produk atau perusahaan menjadi bentuk pesan yang lebih sederhana sehingga konsumen akan lebih mudah untuk memahaminya.
Karena sebuah logo memiliki peran penting seperti ini, maka kamu disarankan untuk membuat logo perusahaan dengan baik dan benar supaya pesan yang ingin disampaikan olehmu bisa benar-benar tersampaikan ke para calon konsumen secara efektif.
2. Membedakan satu produk dengan produk lainnya
Dengan memiliki sebuah logo, sebuah produk akan lebih bisa dibedakan. Sebab, jika ada sebuah produk yang memiliki logo dengan tampilan yang khas, unik, dan eksklusif, produk tersebut akan terlihat lebih mencolok dan mudah diingat oleh para konsumen, sehingga membuatnya berbeda dengan produk lainnya.
Tentu hal ini akan sangat menguntungkan baik bagi para konsumen maupun pemilik produk tersebut. Pasalnya, dalam perkembangan ekonomi saat ini, konsumen memiliki banyak pilihan dari berbagai jenis produk yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan dengan berbagai kualitas dan kelebihan masing-masing.
Namun, dengan adanya logo di suatu produk, hal ini dapat mempermudah konsumen untuk memilih satu produk yang paling memiliki kualitas terbaik. Sedangkan bagi pengusahanya sendiri, dengan adanya logo yang menarik, produk yang dijualnya akan lebih memiliki ciri khas sehingga lebih mudah untuk dipilih maupun diingat oleh para konsumen.
3. Ukuran keaslian dan kualitas produk
Menurut beberapa ahli, logo memiliki arti yang lebih dari sekedar cap dagang yang membedakan sebuah produk dengan produk lainnya. Menurut mereka, logo juga bisa menjadi indikasi, kualitas, posisi produk di pasar, keaslian produk, serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk atau perusahaan tertentu.
Dengan kata lain, produk yang sudah memiliki nama besar atau sudah terkenal biasanya akan memiliki tingkat yang tinggi untuk ditiru oleh perusahaan lain dengan memanfaatkan beberapa karakteristik suatu produk tersebut. Namun, dengan mematenkan logo produk atau perusahaan tersebut, maka keasliannya akan terjamin dan akan selalu diketahui oleh semua orang.
Beberapa Hal Penting Ketika Membuat Logo
Untuk membuat sebuah logo yang memiliki kualitas terbaik dan mampu menyampaikan pesan-pesan terkait produk atau perusahaan yang perlu disampaikan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang ada di bawah ini sebelum membuatnya. Apa sajakah itu?
1. Unik
Arti lainnya adalah buat logo seunik mungkin sehingga bisa menjadi ciri khas dari produk atau perusahaan tersebut dan akan membuatnya berbeda dengan logo-logo lainnya. Sebab, logo memiliki peranan penting untuk mengidentifikasikan sebuah produk atau perusahaan, jadi tentu kamu harus membuatnya hingga bisa menjadi ciri khasnya sendiri.
2. Sederhana atau simple
Desain logo tidak perlu dipenuhi oleh banyak warna atau pun bentuk, yang dibutuhkan oleh sebuah logo hanya kesederhanaan namun pesan atau makna dari produk atau perusahaan tersebut tersampaikan dengan baik.
3. Mudah diingat
Jangan berani-berani membuat logo seunik mungkin hingga membuatnya susah untuk dingat oleh banyak orang. Ya, memang kamu perlu membuat logo dengan unik namun tentu semua itu ada batasannya sendiri-sendiri. Usahakan membuat logo yang bisa menarik perhatian banyak orang bahkan sejak pandangan pertama. Pasalnya, jika sejak awal saja logo tersebut sudah menarik perhatian banyak orang, tentu ke depannya logo itu akan lebih mudah untuk diingat.
4. Sesuai dengan karakter
Kamu juga wajib memperhatikan karakter yang dimiliki suatu produk atau perusahaan supaya logo yang kamu buat bisa sesuai dengan karakter itu sendiri. Akan sangat aneh bila kamu membuat logo yang sangat berseberangan dengan karakter yang dimiliki produk atau perusahaan milikmu.
5. Abadi atau tahan lama
Pastikan kamu membuat logo yang bersifat abadi alias akan selalu sama dengan trend yang sedang berjalan. Meskipun ini cukup susah untuk dilakukan namun kamu bisa meminta bantuan dari ahli desain grafis yang sudah berpengalaman, mereka biasanya akan bisa mengukur bentuk logo mana yang akan bersifat lebih abadi dan dapat menyesuaikan dengan trend yang sedang berjalan.
Passion Designs adalah salah satu agensi jasa desain grafis yang menawarkan jasa pembuatan logo profesional yang berkualitas dan dijamin orisinil. Mengapa Anda harus memilih Passion Designs?
Karena kami telah menangani 1427 klien per Juli 2020 dan Anda bisa melihatnya di halaman portfolio. Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.