Marketing dan branding adalah dua kunci utama dalam menjalankan bisnis.
Bagian yang membingungkan adalah, dua istilah ini sering digunakan secara bersama sehingga menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat.
Ada perbedaan yang jelas antara dua hal ini.
Keduanya memang merupakan sarana yang kuat untuk menyebarkan informasi, tetapi keduanya memiliki kegunaan khusus mereka sendiri.
Setelah kami menuliskan tentang masing-masing pengertian branding dan marketing, sekarang kami akan mengulas tentang hubungan dari kedua istilah ini.
Sebenernya, apa sih hubungan branding dan marketing di dalam bisnis?
Apa Itu Branding?
Branding bisa disebut juga sebagai pencitraan suatu produk agar menarik konsumen.
Kegiatan branding lebih kepada aktifitas komunikasi antar perusahaan dengan konsumen.
Dimana target utama dari branding adalah memperkenalkan brand dan menciptakan reputasi perusahaan yang bagus di mata konsumen.
Branding lebih cenderung untuk menarik perhatian para konsumen yang akan membuat pelanggan Anda kembali lagi.
Pencitraan produk ini juga berfungsi untuk membangun kesetiaan dan kepercayaan customer.
Branding bisa menjadi salah satu strategi pemasaran Anda, karena sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa Anda.
Kegiatan branding biasanya dilakukan oleh startup pemula yang namanya belum dikenal oleh masyrakat luas.
Apa tujuannya? Tentu agar bisa dikenal dan mendapatkan banyak konsumen.
Apa Itu Marketing?
Marketing sendiri berasal dari kata market yang berarti pasar.
Nah, marketing sendiri adalah aktifitas pemasaran untuk perusahaan Anda.
Berbeda dengan branding yang lebih kepada memperkenalkan brand, marketing sendiri lebih kepada aktifitas jual-beli dimana hasil atau nilai penjualan adalah target utama dari marketing.
Marketing sendiri memiliki beberapa strategi yang bisa digunakan untuk memenuhi target tersebut. Seperti:
- Menentukan kebutuhan akan suatu produk melalui riset konsumen dengan mengamati dan mengukur pola penjualan barang serupa di pasar.
- Memodifikasi produk yang ada atau membuat produk baru untuk menyesuaikan keinginan dan kebutuhan konsumen.
- Menentukan cara terbaik untuk menjangkau calon pelanggan untuk membuat mereka sadar akan produk Anda dan membujuk mereka untuk membelinya.
Hubungan Branding dengan Marketing
Apa ada hubungan dari kedua kegiatan ini?
Tentu ada! Kedua kegiatan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu mendapatkan keuntungan bagi perusahaan.
Hanya saja, cara kerja mereka berbeda.
Branding untuk reputasi atau image, sedangkan marketing untuk financial perusahaan.
Kedua kegiatan ini pun memiliki targetnya masing-masing.
Kalau target branding untuk membuat perusahaan lebih terkenal, sedangkan marketing untuk menarik konsumen lebih banyak.
Sebelum melakukan marketing, Anda tentunya diwajibkan untuk melakukan branding terlebih dahulu.
Langkah ini akan memudahkan jalan Anda untuk melakukan pemasaran terhadap produk Anda.
Bisa dikatakan kalau branding adalah bagian pertama, lalu diikuti dengan marketing atau pemasaran.
Dalam kegiatan ini, dua aktifitas ini saling berhubungan.
Dalam kegiatan marketing, branding akan lebih memudahkan marketing untuk menarik target penjualan karena sudah memperkenalkan brand perusahaan tersebut.
Sedangkan dalam kegiatan branding bisa membantu marketing untuk mendapatkan loyalitas konsumen sehigga bisa mendapatkan repeat buyer.
Nah, maka dari itu, kedua kegiatan ini harus berjalan seimbang, sehingga akan mendapat keuntungan yang maksimal.
Dari ulasan di atas sudah tergambar bagaimana hubungan antara marketing dan branding, kan?
Buat Anda yang ingin menciptakan suatu perusahaan atau bisnis, penting untuk mengetahui jalan kerja dari dua istilah di atas, lho.
Karena kalau branding dan marketing berjalan dengan tepat dan efisien, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.