preloader
Scroll to top
Komplek Suluh Town House, No.17 Jalan Suluh, Sidorejo Hilir, Medan Tembung Medan City, North Sumatera 20222
cs@passiondesigns.co.id

Positioning Mapping Untuk Mendekati Target Customer Anda

Anda pemilik bisnis? Berarti Anda harus bisa mendekatkan diri ke target customer Anda.

Namun gimana bisa dekat kalau Anda saja tidak tahu cara mendekati target customer Anda.

Salah satu strategi yang bisa Anda lakukan yaitu dengan  ‘Positioning Mapping’ atau bisa disebut ‘Pemetaan Posisi’.

Positioning mapping adalah strategi untuk menempatkan atau memosisikan bisnis Anda terpisah atau berbeda dengan bisnis sejenis lainnya secara teknis.

Customer Anda pasti selalu melakukan pertimbangan dulu sebelum membeli. Apa yang bisa dia dapatkan dari brand Anda, kenapa harus memilih brand Anda dan apa bedanya brand Anda dengan yang lain?

Itulah kenapa Anda perlu mengkomunikasikan value dan karakter yang ada pada brand Anda.

Positioning mapping merupakan faktor utama dalam meningkatkan kekuatan posisi bisnis Anda di suatu pasar tertentu dibandingkan dengan pesaing-pesaing.

Dengan memosisikan brand, Anda dapat menyampaikan pesan terkait bisnis Anda kepada para customer.

Positioning Mapping Untuk Mendekati Target Customer

Pengaruh Positioning Mapping Dalam Bisnis Anda

Saat berkomunikasi atau berbicara dengan lawan bicara, kamu pasti pernah tidak sependapat akan sesuatu dengan mereka.

Contoh kecilnya saja saat melihat seseorang, anggap saja artis pria asal luar negeri yang kulitnya putih dan tinggi. Menurut kamu dia ganteng banget, tapi menurut lawan bicaramu tidak.

Dia tidak setuju dan malah menganggap pria yang ditunjuk itu tidak ganteng dan justru terlihat feminin.

Faktanya beda orang, pasti beda penilaian. Semuanya tergantung selera. Begitu juga dengan brand atau bisnis Anda. 

Bisa saja customer yang satu bilang bahwa brand Anda itu bagus, tapi belum tentu sama dengan pendapat customer yang lain.

Itu artinya tugas Anda sebagai pemilik bisnis adalah menyamakan persepsi target customer Anda.  Positioning mapping inilah yang berperan dalam hal ini. 

Berikut adalah langkah yang perlu Anda lakukan.

1. Menentukan Target Customer Secara Spesifik

 

Menentukan Target Customer Secara Spesifik

Pertama, Anda harus menentukan target customer Anda secara spesifik dulu. Kenapa?

Karena umumnya orang-orang yang sependapat itu biasanya adalah orang-orang yang berada pada kategori yang sama, atau istilahnya sefrekuensi.

Jadi Anda harus menentukan satu kategori tertentu untuk bisa menjangkau target customer Anda yang sekategori.

Contohnya Anda ingin membuka toko pakaian. Anda harus tentukan dulu pakaian yang akan Anda jual itu untuk kalangan apa?

Anda bisa menentukannya berdasarkan usia, jenis kelamin, geografis/tempat tinggal, tingkat sosial ekonomi, dan sebagainya. Tapi ingat, harus lebih spesifik.

Kalau target customer Anda kalangan anak-anak, ini masih terlalu general. Anak-anak yang gimana yang Anda maksud? Apakah anak cewek atau cowok, anak-anak yang sudah sekolah atau belum?

2. Menentukan Atribut pada Brand

Setelah Anda menentukan target customer Anda, sesuaikan dengan atribut pada brand Anda.

Misalnya target customer Anda adalah kalangan anak-anak cewek yang di bawah 7 tahun, maka visualisasinya harus mendekati karakteristik anak-anak cewek pada umumnya.

Jika pemilihan warna logo brand Anda itu hitam, cream dan navy dengan font yang tegas dan berkaki (PT. Serif) tentunya tidak cocok untuk mencerminkan kategori tersebut.

Logo seperti itu akan lebih cocok kalau target customer Anda pria atau wanita yang bekerja di kantor atau instansi formal.

Anak-anak kecil, khususnya cewek biasanya suka dengan sesuatu yang kesannya fun, warna yang colorful dan cerah.

Jadi Anda bisa menggunakan warna merah muda, kuning dan biru muda dengan jenis font yang memberi kesan informal (Boogalo) pada logo bisnis/usaha Anda.

Demikian penjelasan tentang positioning mapping yang bisa Anda terapkan untuk mendekati target customer. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Untuk konten dengan visualisasi yang lebih menarik, Anda bisa follow Passion Designs di Instagram dan Tiktok.

Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa pembuatan logo terjamin sudah memenuhi aspek-aspek tersebut. Anda tidak perlu meragukan apapun karena kualitas hasilnya sudah pasti terjamin baik.

Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020 dan Anda bisa melihatnya di halaman portfolio. Kami juga menawarkan garansi 100%  uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.

Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.

 

maskot sion passion designs

WhatsApp Us