fbpx
preloader
Scroll to top
Jln. Sena no. 66, Medan - Sumatera Utara, Indonesia.
cs@passiondesigns.co.id

Yuk, Mengenal Paul Rand dan Karya-karyanya!

Source picture: hypocritedesign.com

Desain grafis merupakan salah satu profesi yang memegang peran penting di beberapa perusahaan, terutama mereka yang bergerak di bidang kreatif. Bukan hanya poster dan banner, desain grafis juga terkadang berkewajiban untuk mendesain sebuah logo perusahaan atau klien.

Di dunia ini, sudah banyak sekali orang yang bekerja sebagai desain grafis. Biasanya, mereka memiliki selera seni tinggi dan memiliki kemampuan untuk mendesain serta mengerti tentang perpaduan warna. Nah, salah satu legendaris dalam dunia desain ini adalah Paul Rand. Siapa sih beliau? Untuk Anda yang belum mengetahuinya, simak yuk penjelasannya dibawah ini.

Siapa Paul Rand?

Paul Rand bukanlah sosok asing bagi setiap desain grafis. Dia adalah salah satu desainer terkenal yang melegenda karena hasil karyanya yang masih eksis sampai saat ini. Lahir pada tanggal 15 Agustus 1914, Rand menjadi pelopor desain logo perusahaan-perusahaan besar. Contohnya seperti, IBM, ABC, Morningstar, Inc., NeXT Computer, Yale University dan Enron.

Dia juga menulis beberapa buku yang salah satunya adalah, Recently Reissued Thoughts on Design.  Rand memiliki ketertarikan dalan desain logo sejak ia masih kecil. Ia membuat logo sendiri untuk toko kelontong ayahnya dan beberapa acara di sekolahnya. Ia belajar di beberapa sekolah seni secara berturut-turut seperti The New School for Design, Art Students League, dan Yale University di Connecticut.

Selanjutnya, Rand memulai karirnya sebagai seorang desainer. Pada awal usia 20 tahunan, karya grafisnya sudah mendapat pengakuan Internasional. Salah satu desain terkenalnya adalah untuk majalah Direction. Disinilah Rand tidak menerima bayaran sepeserpun demi mendapat kebebasan artistik penuh dalam mendesain cover majalah tersebut. 

Selanjutnya, pada pertengahan 1930-an ia diminta oleh majalah Apparel Arts (sekarang GQ) untuk mengembangkan tata letak halaman untuk edisi ulang tahun mereka. Kemudian dia ditawari pekerjaan di majalah bergengsi lainnya, Esquire-Coronet, sebagai direktur seni. Lalu, pada tahun 1956, IBM menjadi salah satu perusahaan yang juga menggunakan jasanya. Dia merevisi desain logo IBM pada tahun 1960 dan lagi pada tahun 1972 dengan pola garis-garis yang terkenal.

Bukan hanya itu, Rand juga sempat mengalami penolakan dalam karirnya. Ketika ia merancang logo untuk Henry Ford yang merupakan founder perusahaan mobil Ford. Rand diminta untuk merancang ulang logo oval legendaris Ford. Setelah ia menyerahkan hasil karyanya, Henry Ford berubah pikiran dan tetap menggunakan desain logo yang lama. 

Apa Saja Karyanya?

1. IBM

IBM (1956) Ketika, pada tahun 1956, arsitek dan desainer Eliot Noyes dijadikan direktur International Business Machines Corporation (IBM), sebuah perusahaan teknologi tinggi yang tampak old-fashioned, dia langsung tahu apa yang harus dia lakukan. Menyadari perlunya pengembangan visual, Noyes menyewa Rand untuk mengubah identitas, dan perancang Amerika terkemuka melakukannya dengan penuh percaya diri. Identitas IBM Rand adalah yang paling dikenal, dan tidak heran mengapa – desain ulangnya tidak hanya mengubah wajah perusahaan, tetapi juga keberuntungannya.

2. Yale University Press

Paul Rand bukan hanya seorang desainer, dia juga seorang guru, baik di studionya maupun di Universitas Yale, di mana dia mengajar selama lebih dari empat puluh tahun. Lalu, Rand dipercaya untuk merevisi logo YUP. 

Itulah biografi singkat dari Paul Rand, seseorang yang memegang peran penting dalam dunia grafis. Walaupun telah meninggal pada tahun 1996, namun karyanya masih tetap eksis sampai saat ini. 

Open chat
WhatsApp Us