Corporate identity atau identitas perusahaan adalah kepribadian/karakter perusahaan yang membedakannya dari perusahaan lain, baik secara internal maupun eksternal.
Identitas perusahaan merupakan salah satu yang harus dimiliki oleh perusahaan Anda.
Ini berkaitan dengan nilai, filosofi visi dan misi, bidang industri, target pasar, dan sebagainya, yang direpresentasikan dengan perancangan visual logo.
Dalam artikel ini akan kita akan membahas seputar perancangan logo dan apa saja kegunaan logo bagi perusahaan Anda.
Daftar Isi:
- Faktor Penting Dalam Perancangan Logo
- Narasumber Dalam Perancangan Logo
- Kegunaan Logo Bagi Perusahaan
Faktor Penting Dalam Perancangan Logo
Dalam dunia yang semakin cepat ini, karakteristik dalam desain logo yang efektif menjadi semakin penting dan bermakna bagi perusahaan Anda, sehingga dapat beradaptasi dan bertahan dari waktu ke waktu.
Untuk itu, ada faktor-faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam perancangan logo perusahaan Anda.
Nama Perusahaan
Beberapa hal yang dipertimbangkan dalam memberi nama perusahaan Anda, khususnya berkaitan dengan makna, tata bahasa, kemudahan membaca, dan kemiripan dengan perusahaan lain.
Jika perusahaan Anda akan/sudah resmi berbentuk badan hukum, sangat penting menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.
Faktor Internal
Ini menyangkut hal-hal seperti visi, misi, strategi, budaya, proses produksi hingga distribusi, serta produk yang dihasilkan.
Pemahaman mengenai hal-hal tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan wawancara dengan narasumber yang tepat.
Faktor Eksternal
Faktor eksternal ini bisa berupa karakteristik pelanggan, tren yang berkembang, kompetitor, dan sebagainya.
Informasi tersebut tentunya sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bersaing di pasar. Dan informasi tersebut harus didukung dengan riset dan analisis pasar.
Narasumber Dalam Perancangan Logo
Dalam mendesain logo tentu perlu adanya riset atau penelitian. Itu artinya dibutuhkan kemampuan untuk menyerap inti dari sebanyak mungkin informasi yang dikumpulkan.
Inilah yang memungkinkan Anda mendalami setiap peran yang terlibat dalam bisnis Anda.
Beberapa pihak yang merupakan narasumber terbaik yaitu:
Pemilik
Pendiri, dewan komisaris/direksi, top level management, dan pemegang saham.
Partner
Karyawan, pemasok, distributor, dan pengecer.
Publik
Customer, komunitas, dan masyarakat umum.
Kegunaan Logo Bagi Perusahaan
Sebagai tanda utama dari perusahaan Anda, logo tentu mempunyai kegunaan yang mungkin belum Anda ketahui atau sadari. Berikut ini adalah 5 kegunaan logo bagi perusahaan Anda.
Menarik Perhatian Customer
Sebagai makhluk visual, manusia menyukai wajah dan penampilan yang baik. Sebuah logo dapat diibaratkan wajah yang menimbulkan ketertarikan customer untuk mengenal dan mengingat brand Anda.
Logo bisa menyampaikan bagaimana persona dari brand Anda kepada customer, apakah feminin atau maskulin, mewah atau ekonomis, santai atau serius, dsb.
Hal ini tentu dapat menjadi pemicu keputusan pembelian customer. Bahkan mempengaruhi respon customer agar bersedia kembali bertransaksi lagi.
Menghubungkan Perusahaan dan Customer
Setiap perusahaan yang unggul pasti berupaya untuk terbuka dan transparan sehingga bisa terhubung dengan customer mereka dan menjadi terkenal.
Mereka memiliki identitas yang mudah dikenali dan memberi arti yang kuat bahwa mereka akan meninggalkan jejak yang positif dalam sejarah mereka.
Dalam hal ini, kegunaan logo adalah menimbulkan ikatan secara emosional antara perusahaan Anda dengan customer.
Karena logo sudah menjadi simbol yang kuat yang diciptakan untuk berkomunikasi secara visual dalam dunia global.
Menciptakan Keunggulan
Logo adalah aset visual, yang dirancang untuk menghasilkan nilai bagi kesuksesan suatu perusahaan.
Selain itu, logo mempunyai kekayaan intelektual yang dapat dilindungi secara hukum dan bahkan bisa memberi kesempurnaan citra bagi bisnis Anda.
Karena untuk menanamkan kata dalam pikiran customer, logo adalah aset visual yang paling potensial karena dapat mengkomunikasikan nama merek dan positioning perusahaan Anda.
Itulah kenapa desain logo harus dirancang dengan baik sehingga dapat menciptakan keunggulan dalam dunia persaingan..
Memperbaharui Citra
Tak jarang beberapa perusahaan terkenal melakukan rebranding, yaitu usaha mengganti citra perusahaan karena beberapa hal tertentu.
Bisa saja karena adanya perubahan visi dan misi, target pasar, kualitas atau fungsi dari produknya dan sebagainya.
Dan perubahan suatu perusahaan seringkali ditandai dengan mengubah logonya untuk mengkomunikasikan langkah-langkah menuju yang lebih baru.
Jadi Anda bisa lihat kegunaan logo dalam melambangkan eranya masing-masing dan menggambarkan bagaimana ekspresi perusahaan telah berevolusi dari waktu ke waktu.
Menginspirasi
Pada dasarnya, desain logo yang dirancang berdasarkan visi dan misi atau harapan terhadap perusahaan Anda di masa depan. Jadi bisa dikatakan logo adalah doa yang tergambar.
Meskipun belum terwujud, pastinya Anda akan berusaha dengan segala cara untuk mengubah harapan tersebut menjadi kenyataan.
Maka itu logo harus dirancang seoptimal mungkin sehingga menjadi inspirasi secara terus-menerus dan memberi nilai penuh dalam jangka panjang.
Dan sebagai inspirasi, logo juga bisa diaplikasikan ke dalam berbagai media, seperti seragam karyawan, kartu nama, banner, website, dan sebagainya.
Baca juga Kriteria Logo Usaha Dagang Yang Baik dan Contohnya
~
Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa desain logo orisinal dan berkualitas. Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020, diantaranya adalah Dirjen Jendral Pajak, Universitas Teknologi 10 Nopember, Teh Botol Sosro, dan lainnya. Anda bisa melihatnya di halaman portfolio.
Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.