Instagram merupakan salah satu platform online terpopuler untuk bisnis online. Cara memulai bisnis online di IG juga tergolong mudah, kamu bisa mempersiapkannya dengan sangat cepat. Namun untuk bisa mendapatkan penjualan pertama kamu, pastinya butuh beberapa proses.
Di artikel kali ini, kami akan membahas beberapa langkah dasarnya, karena artikel ini lebih mengenai cara “memulai”, bukan cara “meningkatkan”. Kami juga menganggap kamu sudah mengetahui cara membuat akun Instagram, karena itu tidak akan dijelaskan lagi. Tapi, sebelum buat akunnya, baca artikel ini dulu hingga selesai, karena ada hal tertentu yang butuh kamu lakukan dalam proses membuat akun Instagram untuk bisnis online kamu.
Ayuk kita bahas!
Kita memilih Instagram sebagai tempat untuk bisnis online kita dikarenakan jumlah penggunanya yang sangat banyak dan tidak dibatasi oleh wilayah. Selain itu, berjualan secara online di Instagram gratis. Namun bukan berarti tidak perlu modal awal ya. Ketika membuka bisnis, baik itu bisnis online ataupun offline, pasti ada modal awalnya, seperti membeli bahan, alat, dlsb.
Agar bisnis online yang kita jalankan bisa sukses, pada dasarnya bergantung pada dua hal yaitu apa yang kita tawarkan dan traffic. Pembahasan kita berikutnya lebih mengenai tentang traffic, bagaimana agar semakin banyak orang yang bisa menjadi calon customer kamu.
Ada 6 langkah awal yang harus kamu lakukan agar bisnis online kamu dikunjungi banyak pengguna Instagram. Simak selanjutnya!
7 Langkah Memulai Bisnis Online di Instagram
1. Tentukan Target Market
Jangan mengatakan kamu melayani segala jenis customer. Ini bahaya! Bahkan toko kelontong aja memiliki target market tertentu, yaitu para ibu rumah tangga.
Tentukan kriteria customer yang ingin kamu layani. Semakin spesifik maka semakin jelas apa yang kamu butuh lakukan untuk menarik perhatian mereka, namun sisi lainnya semakin kecil juga pasar kamu. Jadi harus seimbang ya, harus cukup spesifik, namun tidak terlalu spesifik.
Kamu bisa mempertimbangkannya dari tingkat kompetisi. Ini contohnya.
Jika produk kamu adalah baju anak bayi, maka target market kamu adalah para orangtua. Cukup spesifik, namun apakah tingkat kompetisinya besar?
Jika besar, maka kamu harus lebih spesifik lagi. Misalnya target market kamu adalah para orangtua yang ekonominya cukup tinggi. Ataupun kalau ingin berpikir out-of-the-box, kamu bisa menargetkan para kakek dan nenek. Yang beli baju bayi kan bisa saja kakek nenek untuk cucu pertamanya. Betul kan? Hehe.
Buat apa sih kita menentukan target market kita?
Ini adalah kerangka dasar dalam marketing. Jika kita sudah mengetahui target market kita dengan jelas, segala proses bisnis yang kita jalankan itu berfokus untuk memberikan kepuasan hanya untuk target market kita.
Kembali ke toko kelontong. Menurut kamu, jika toko kelontong menjual segalanya, mengapa mereka gak menjual oli mobil, laptop, buku, sepatu? Ya karena target market mereka para ibu rumah tangga.
Nah, ketika kamu melakukan langkah-langkah berikutnya, pastikan kamu memikirkan target marketmu. Pastikan yang kamu lakukan adalah untuk mereka.
2. Pilih Nama Akun Yang Bagus
Semoga kamu belum buat akun ya. Kalau sudah buat, kemungkinan kamu harus mengganti nama akun Instagram setelah membaca penjelasan ini.
Carilah nama yang unik dan gampang diingat. Jangan cari nama yang generik, misalnya jualbajubayi atau bajubayimurah. Pilih yang keren, seperti babylish atau sweetbaby.
Tapi banyak nama-nama bagus udah dipakai semua, jadi gimana donk?
Pasti. Makanya memilih nama yang bagus itu bukan sesuatu yang gampang. Nama ini juga bakal kamu pakai hampir selamanya untuk bisnis online kamu. Luangkan waktu untuk memilih nama yang bermakna.
3. Buat Logo Yang Bagus
Logo yang bagus itu bagaimana sih?
Logo yang bagus adalah logo yang menarik. Logo yang menarik di mata si A belum tentu menarik di mata si B. Itulah sebabnya kamu harus menentukan target marketmu terlebih dahulu.
Namun logo yang menarik juga belum tentu bagus. Logo yang bagus, selain menarik juga harus bisa menjelaskan bisnis online kamu.
Logo cewe seksi sudah pasti menarik di mata para cowo, tapi tidak bisa dipakai untuk menjelaskan kalau bisnis yang kamu jalankan adalah jasa konsultasi pajak. Hehe.
Itulah sebabnya kamu membutuhkan jasa desain logo yang profesional, yang juga mengerti tentang branding dan marketing. (Baca juga Kerugian Desain Grafis Tanpa Branding)
PENTING! Jangan pernah menggunakan logo yang dengan mudah kamu dapatkan melalui Google atau mesin pencarian lainnya. Kemungkinan besar sudah dipakai orang lain. Kamu gak mau ketika bisnis kamu sudah besar dan sukses, kamu terlibat kasus hukum properti intelektual.
4. Berikan Deskripsi Yang Jelas
Kamu sudah memiliki nama yang keren dan juga logo yang bagus. Ketika mereka yang merupakan target marketmu menemukan profil kamu di Instagram, mereka akan melihat isi profilmu. Pastikan kamu memberikan deskripsi yang jelas tentang bisnis online kamu, jangan dibiarkan kosong ya.
Jika akun kamu adalah bisnis online, deskripsikan apa produkmu, dan yang paling penting apa yang membuat produk kamu unik atau berbeda dari lainnya.
Misalnya contoh baju bayi yang tadi, kamu bisa memberikan deskripsi “Menjual baju bayi berbahan premium import dari Jepang”. Jangan hanya diisi dengan “Menjual baju bayi.”
Karena kolom deskripsi Instagram dibatasi sebanyak 150 huruf, tuliskan deskripsi yang singkat, padat dan jelas ya.
5. Buat Akun Bisnis Instagram
Akun bisnis atau business account adalah jenis akun Instagram yang memiliki tambahan fitur-fitur tertentu yang bisa membantu bisnis online kamu. Misalnya kamu bisa menampilkan no HP, email dan juga link atau tautan ke toko online kamu.
Selain itu, kamu juga bisa melihat data-data analisa traffic akun Instagram kamu. Kalau sekarang kamu bingung apa ini, gak perlu khawatir. Ini sebenarnya hanya sekedar info dari tahap lanjutan ketika kamu ingin meningkatkan business online kamu. Sekarang kita sedang membahas cara “memulai”.
Untuk mengupgrade akun kamu ke akun bisnis, caranya cukup mudah, cepat dan gratis. Silakan lihat caranya di sini. https://www.facebook.com/business/help/502981923235522
6. Posting Secara Berkala
Akun Instagram kamu sudah siap! Sekarang saatnya kamu mengisinya dengan postingan-postingan yang bisa menarik perhatian orang dan membuat mereka menjadi followers bisnis online kamu.
Platform Instagram menyukai akun yang aktif, yang konsisten membuat postingan-postingan baru. Kamu tidak perlu posting setiap hari jika tidak memungkinkan, yang penting adalah konsisten. Daripada membuat postingan 10 buah sehari, namun postingan berikutnya adalah bulan depan, lebih baik 1 buah postingan setiap 3 hari.
Setelah itu, pastikan konten kamu dibagi menjadi 80% informatif atau edukatif, dan 20% promosi atau jualan. Orang tidak suka melihat akun yang jualan melulu. Perbandingan 80-20 atau 90-10 adalah yang paling efektif.
7. Promosikan
Setelah kamu memiliki beberapa postingan, sekitar 10-20 buah, saatnya kamu mempromosikan akun Instagram bisnis online kamu.
Sebarkan ke teman-teman kamu, minta bantuan mereka untuk follow dan dibagikan ke teman-temen mereka lainnya.
PENTING! Jangan pernah beli followers. Semakin banyak yang lu beli, semakin rugi. Bahkan dikasih gratis juga jangan mau, ini akan merugikan akun Instagram kamu. Karena sistem kerja Instagram akan merugikan akun yang memiliki followers palsu.
Setelah bisnis online kamu cukup sukses, kamu boleh mempertimbangkan menggunakan jasa endorse. Ingat kembali ya, pastikan menggunakan jasa endorse yang followers-nya juga sesuai target marketmu.
Langkah Selanjutnya
Setelah kamu berhasil mendapatkan penjualan pertama dari bisnis online kamu di Instagram, tak lama lagi kamu akan mendapatkan penjualan kedua, ketiga dan berikutnya. Kamu cukup puas dengan omset yang kamu dapatkan saat ini, namun kamu masih ingin meningkatkannya lebih tinggi lagi.
Masih ada langkah-langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan bisnis online kamu di Instagram. Kamu bisa melakukan riset lebih lanjut tentang topik berikut:
- Instagram Insights. Dari sini kamu bisa mengetahui kapan waktu yang paling efektif untuk ngepost.
- Hashtag. Riset hashtag agar postingan kamu bisa dilihat lebih banyak orang, atau kamu ingin mempenetrasi target market yang baru.
- Instagram Ads. Mungkin juga saatnya kamu beriklan. Kamu sudah bisa mengalokasikan sebagian profit kamu untuk biaya iklan.
- dlsb
Semoga artikel ini bermanfaat dan silakan bagikan ke teman-teman kamu yang ingin menjalankan bisnis online.
~
Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa desain logo orisinal dan berkualitas. Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020, diantaranya adalah Dirjen Jendral Pajak, Universitas Teknologi 10 Nopember, Teh Botol Sosro, dan lainnya. Anda bisa melihatnya di halaman portfolio.
Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.