Memang makanan pedas sedang populer. Ayam geprek, mie goreng Samyang, duh… nulis artikel pun bisa ngiler.
Ketika kita ingin membuat desain logo makanan pedas, pada dasarnya langkah-langkah yang dilakukan sama seperti membuat desain logo bisnis jenis lainnya. Namun memang ada beberapa kriteria tertentu yang harus dipenuhi. Beberapa kriteria ini bisa membuat desain logo kamu menjadi lebih bagus dan bisa menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan.
Kita akan membahas apa-apa saja kriteria tersebut, dan kami juga akan memberikan beberapa contoh desain logo makanan pedas.
Daftar Isi:
- Kriteria Desain Logo Makanan Pedas
- Unsur Panas
- Warna Pembangkit Selera
- Bahan Makanan
- Contoh Desain Logo Makanan Pedas
Kriteria Desain Logo Makanan Pedas
Kita tidak akan membahas kriteria desain logo yang baik pada umumnya. Untuk informasi tersebut bisa kamu baca di sini. 3 Kriteria Utama Desain Logo Untuk Mewakilkan Usaha Anda
Yang akan kita bahas adalah 3 buah kriteria yang secara spesifik wajib ada dalam desain logo makanan pedas. Setidaknya dua di antara 3 kriteria tersebut harus terpenuhi. Yuk kita bahas!
1. Unsur Panas
Rasa pedas sering dikaitkan dengan panas. Ini yang diproses oleh otak kita, padahal belum tentu rasa pedas itu selalu panas kan? Bisa jadi ada eskrim rasa pedas kan? Hehe.
Tapi pada umumnya, rasa pedas itu menyebabkan orang-orang keringatan, dan biasanya kita keringatan itu karena rasa panas. Ini adalah teknik marketing yang berhubungan dengan neurologi, atau cara kerja otak kita.
Itulah sebabnya kita sering melihat logo-logo restoran makanan pedas yang memadukan unsur api atau keringat.
2. Warna Pembangkit Selera
Logo untuk makanan biasanya dipilih sesuai dengan warna makanan tersebut. Untuk makanan pedas, biasanya digunakan warna dominan merah, dan dikombinasikan dengan oranye, kuning, atau coklat.
Apakah tidak boleh menggunakan warna lain? Misalnya biru atau hitam?
Ada dua pandangan berbeda untuk pemilihan warna. Menurut kami, menggunakan warna yang sesuai untuk produk yang kita jual, yaitu makanan pedas, akan mempermudah meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produkmu. Di sisi lainya, menggunakan warna yang berbeda lebih ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan, karena beda sendiri dari para kompetitor. Hanya saja, mungkin tantangannya adalah bagaimana bisa meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produkmu.
Coba bayangkan kalau ada restoran ayam geprek yang logonya berwarna biru atau ungu. Bikin penasaran kan? Kita jadi pengen tahu. Tapi kita belum tentu tertarik untuk beli, karena warnanya termasuk aneh untuk sebuah makanan, itulah yang diproses otak kita.
Mana yang lebih baik?
Menurut kami, akan sangat baik jika kita bisa mengkombinasikan dua warna yang berbeda. Satu untuk menarik perhatian, satu lagi untuk meyakinkan calon pelanggan. Hanya saja, keunikan itu akan berakhir ketika para kompetitor yang baru muncul mulai meniru gaya desain logo kamu.
Itulah sebabnya proses branding kamu tidak hanya berhenti setelah membuat logo. Baca ini 7 Keuntungan Desain Maskot Bagi Bisnis dan Branding
3. Bahan Makanan
Pastinya sebuah desain logo untuk makanan sebaiknya mencerminkan makanan itu sendiri, salah satu caranya adalah menggunakan salah satu bahan makanan tersebut sebagai bagian dari logo.
Untuk makanan pedas, pada umumnya kita akan menggunakan cabai. Namun karena kemungkinan besar juga dipakai oleh para kompetitor, buat menjadi lebih unik, misalnya potongan cabai. Logo ayam geprek jangan lagi pakai maskot ayam, kamu bisa menggunakan gambar paha ayam goreng. Lebih unik kan?
Contoh Desain Logo Makanan Pedas
Bagi kamu yang ingin membuat desain logo sendiri untuk bisnis restoran makanan pedas, kamu bisa menggunakan beberapa contoh berikut sebagai referensi atau inspirasi.
Ingat ya, sebagai referensi saja, jangan dijiplak! Resikonya nanti kamu yang tanggung sendiri loh. Baca ini Sebelum Menggunakan Desain Logo Makanan Kosong, Ketahui Hal Penting Berikut!
Semoga informasi ini bermanfaat!
Tentang Passion Designs
Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa desain logo orisinal dan berkualitas. Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020, diantaranya adalah Dirjen Jendral Pajak, Universitas Teknologi 10 Nopember, Teh Botol Sosro, dan lainnya. Anda bisa melihatnya di halaman portfolio.
Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.