Bagaimana customer bisa mengenali dan membedakan bisnis Anda dengan kompetitor Anda? Salah satu caranya tentu dengan melihat logo bisnis Anda.
Karena pada dasarnya sistem indra kita sebagian besar mengandalkan penglihatan. Dan logo merupakan hal yang pertama kali dilihat oleh customer Anda secara fisik.
Mata kita erat kaitannya dengan estetika (unsur keindahan). Itulah kenapa biasanya logo didesain dengan memperhatikan unsur estetika guna melengkapi dan menjadikan persona bisnis yang sempurna.
Efektivitas logo bisnis didasarkan pada enam faktor penting yaitu sebagai berikut.
Daftar Isi:
- Faktor Efektivitas Logo Bisnis
- Keunikan (Unique)
- Visibilitas atau Mudah Dilihat (Visibility)
- Kemampuan Beradaptasi (Adaptable)
- Mudah Dikenal (Recognizable)
- Universal
- Sesuai Dengan Periode Waktu Tertentu (Periodly)
- Kesimpulan
Faktor Efektivitas Logo Bisnis
Keunikan (Unique)
Salah satu dampak globalisasi adalah semakin banyaknya tempat dan produk di dunia yang mempunyai kesamaan dan kemiripan.
Untuk menjadi sukses secara berkelanjutan, bisnis Anda harus mempunyai kepribadian yang jelas, menarik, unik, autentik, dan harus selaras dalam segala hal yang diterapkan.
Itu artinya efektivitas logo bisnis Anda dinilai dengan adanya warna, bentuk, tipografi, dan elemen grafis lain yang membedakannya dari logo bisnis lainnya.
Visibilitas atau Mudah Dilihat (Visibility)
Efektivitas logo bisnis Anda juga bisa dinilai dengan adanya berbagai versi penampilan, sehingga bila diterapkan sesuai kondisi media dan bahan apapun, logo tetap terlihat jelas.
Misalnya versi vertikal untuk di umbul-umbul, versi horisontal untuk di spanduk, versi untuk stempel, bahan kaos, plastik, gelas, kayu, di billboard, dll.
Mudah dikembangkan sesuai karakteristik media. Misalnya web, 3D, animasi, TV, dll.
Memiliki berbagai versi warna, ukuran kecil maupun besar yang khusus dirancang, sehingga dalam kondisi background dan media ukuran apapun logo tetap terlihat jelas.
Kemampuan Beradaptasi (Adaptable)
Hari ini bisa saja Anda hanya memproduksi satu jenis produk atau hanya menyediakan satu jenis jasa, namun lain hari bisa lebih dari satu.
Itu artinya kita harus siap melakukan perubahan. Lalu gimana caranya agar logo tetap bisa merepresentasikan bisnis Anda meskipun adanya perubahan.
Karena logo diciptakan tidak harus persis menonjolkan apa produk yang Anda tawarkan atau apa sebenarnya yang Anda lakukan.
Contohnya logo Starbucks, apakah terlihat seperti minuman kopi? Atau logo Nike, apakah terlihat seperti sepasang sepatu?
Tidak.
Dalam hal ini, efektivitas logo bisnis juga bisa dinilai dari kemampuannya beradaptasi dengan perubahan tersebut. Berarti logo harus KONSEPTUAL.
Mudah Dikenal (Recognizable)
Kita mampu mengenali seseorang hanya dengan melihat wajahnya. Dalam dunia bisnis, logo dapat diibaratkan sebagai wajah.
Agar logo mudah ditangkap mata dan dikenali bentuknya, sebaiknya logo diciptakan sesimpel dan seunik mungkin.
Sehingga ketika customer melihat logo Anda di suatu tempat, mereka hanya teringat dengan bisnis Anda, bukan malah teringat dengan bisnis lain.
Universal
Universal berarti umum. Artinya konsep atau filosofi dari logo yang Anda gunakan adalah konsep yang dipercaya berlaku universal.
Karena logo diciptakan sebagai cara untuk berkomunikasi visual dalam dunia global. Logo harus tetap dapat membawa cerita, emosi dan kepribadian bisnis Anda.
Walaupun dilihat oleh orang-orang dari kultur, pendidikan, ataupun kepribadian yang berbeda, pesan atau makna logo bisnis Anda tetap dapat diterima dan tidak menimbulkan persepsi lain.
Sesuai Dengan Periode Waktu Tertentu (Periodly)
Artinya meskipun adanya perubahan waktu, logo usaha Anda tidak ketinggalan zaman dan tetap dapat merepresentasikan usaha Anda tanpa mengubah persepsi masyarakat terhadap usaha Anda tersebut.
Contohnya seperti logo Coca Cola yang tetap konsisten dengan logo berwarna merah dan jenis font yang khas.
Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa efektivitas logo bisnis didasarkan pada enam faktor penting, yaitu keunikan (unique), visibilitas atau mudah dilihat (visibility), kemampuan beradaptasi (adaptable), mudah dikenali (recognizable), universal, dan sesuai dengan periode waktu tertentu (periodly).
Itu artinya sekarang Anda sudah bisa menilai efektivitas logo bisnis Anda. Tapi Anda pasti bertanya-tanya mengenai harga desain logo yang sesuai dengan bisnis Anda.
Nah, Anda bisa membaca artikel Berapakah Harga Desain Logo Yang Pantas Untuk Bisnis Anda?
~
Passion Designs adalah salah satu agensi desain grafis yang menawarkan jasa desain logo orisinal dan berkualitas. Kami sudah menangani 1427 klien per Juli 2020, diantaranya adalah Dirjen Jendral Pajak, Universitas Teknologi 10 Nopember, Teh Botol Sosro, dan lainnya. Anda bisa melihatnya di halaman portfolio.
Kami juga menawarkan garansi 100% uang kembali jika Anda merasa hasil desain yang kami berikan tidak cocok.
Langsung aja geser ke paling bawah halaman ini untuk melihat informasi kontak kami.